Pembelajaran Akuntansi Biaya








Pembelajaran Akuntansi Biaya

1. Perbedaan Akuntansi Keuangan Dan Manajemen

Akuntansi keuangan bertujuan untuk menyajikan sebuah informasi keuangan perusahaan bagi pengguna yang berada di luar perusahaan (pihak eksternal).
·         Misalnya :  
  •  Para pemegang saham 
  •  Kreditur
  • Karyawan 
  • Analis keuangan
  • Pemerintah (instansi pemerintah, dirjen pajak) serta yang lainnya. 
Para pemakai laporan keuangan dari luar perusahaan ini dalam mempergunakan laporan keuangan perusahaan tidak bertujuan untuk pengambilan keputusan tentang perusahaan, tetapi lebih kepada mengenai keputusan jenis serta sifat hubungan yang seperti apa yang akan dijalani dengan perusahaan tersebut dimasa mendatang. misal investor, apakah akan menambah investasi atau mencabut, atau instansi pajak yang berkepentingan atas pajak yang harus diterimanya.

Pada lingkup informasi keuangan, dalam laporan Akuntansi Keuangan biasanya  menyajikan informasi keuangan mengenai perusahaan secara keseluruhan semisal Neraca, Laporan Laba Rugi, ataupun Laporan Perubahan Ekuitas. Karena akuntansi keuangan akan dipakai oleh pihak luar, maka informasi yang dihasilkan dan disajikan lebih berbentuk kepada ringkasan dan menggambarkan kondisi keuangan perusahaan secara keselluruhan.

Hasil gambar untuk akuntansi biayaAkuntansi Manajemen memfokuskan diri dalam menyediakan informasi keuangan untuk keperluan pihak manajemen atau pihak internal perusahaan. Informasi yang dihasilkan akuntansi manajemen diharapkan bisa memberikan manfaat bagi manajemen (pihak internal perusahaan) sebagai bahan pertimbangan yang bisa mendukung dalam pengambilan sebuah perusahaan.
Tabel Perbedaan ;

Akuntansi Manajemen
Akuntansi Keuangan
1.  Fokus Internal
1. Fokus Eksternal
2.  Tidak ada aturan yang mengikat
2.Mengikuti aturan dari pihak eksternal
3.  Informasi keuangan dan Non Keuangan bersifat Subjektif
3.Informasi keuangan bersifat Subjektif
4.  Penekanan pada masa mendatang
4.Penekanan pada masa lalu
5.  Evaluasi dan keputusan internal didasarkan atas informasi yang sangat terperinci
5.Informasi mengenai perusahaan secara keseluruhan
6.  Sangat luas dan multidisplin
6.Lebih independen

2. Perbedaan Biaya dan Beban di Dalam Akuntansi Biaya
 
Biaya : 
Biaya terbagi 2 arti yakni dalam arti luas dan arti sempit :
Hasil gambar untuk akuntansi biaya
Dalam arti Luas Biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang yang telah terjadi dan kemungkinan akan terjadi (belum terjadi) untuk tujuan tertentu. Sedangkan pengertian biaya dalam Arti Sempit adalah sebagai pengorbanan sumber ekonomi untuk memperoleh aktiva.

Dari definisi biaya tersebut terdapat empat unsur pokok yaitu :
1. Biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi
2. Diukur dalam satuan uang
3. Yang telah terjadi atau secara potensial akan terjadi
4. Pengorbanan tersebut untuk tujuan tertentu.

Beban :
Beban (expense) adalah penurunan manfaat ekonomi selama satu periode akuntasi dalam bentuk arus kas keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban mengakibatkan penurunan ekiutas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanaman modal.

Letak di Laporan Keuangan :

  • Biaya:
Hasil gambar untuk akuntansi biaya
Di neraca (Belum terpakai, biaya-biaya yang dianggap akan memberi manfaat dimasa yang akan datang, berupa aktiva) Misal : Sewa Dibayar Dimuka
  • Beban
Di laporan laba-rugi (Pengeluaran/Biaya yang telah terpakai dan tidak dapat memberikan manfaat lagi dimasa yang akan datang) Misal : Beban Sewa

Periode Akuntansi :

    Hasil gambar untuk akuntansi biaya
  • Biaya  :
Periodenya lebih dari satu tahun, merupakan pengeluaran modal (capital expenditure)  

  • Beban           :
Periodenya kurang dari satu tahun, merupakan pengeluaran pendapatan (revenue expenditure) 

Jumlah Rupiah Yang Dikeluarkan :
  • Biaya : Jumlah rupiah yang dikeluarkan dalam jumlah yang besar.
  • Beban : Jumlah rupiah yang dikeluarkan relatif kecil.

Disimpulkan ;

Biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang yang telah terjadi dan kemungkinan akan terjadi, sedangkan beban penurunan manfaat ekonomi selama satu periode akuntasi yang telah terjadi.
Hasil gambar untuk akuntansi biaya 
3. Perbedaan Biaya Langsung dan Biaya Tidak Langsung

Biaya Langsung adalah biaya yang dapat dilihat ke objek biaya dengan sedikit usaha.
Contohnya : Biaya tenaga kerja langsung

Biaya Tidak langsung adalah biaya yang tidak dapat dilihat maupun dikaitkan dengan objek biaya namun mencakup didalam pembuatan produk.

4. Perbedaan Biaya Tetap dan Biaya Variabel

Biaya Tetap adalah biaya yang tidak dapat diubah ketika adanya perubahan kuantitas output , adanya peningkatan/penurunan jumlah barang dan jasa ataupun adanya perubahan namun tidak sama .

Biaya Variabel adalah biaya yang berubah secara proporsional dengan kuantitas volume produksi ataupun penjualan .

 Semoga Bermanfaat ...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »